6 Cara Memakai Parfum Agar Bertahan Lama

Parfum memang identik dengan kegiatan menunjang aktivitas sehari-hari. Mau itu wanita, laki-laki, remaja, anak-anak, bahkan bayi sekalipun bisa memakai parfum. Karena secara tidak langsung, kita sebenarnya sudah menggunakan parfum hampir sepanjang hari, mulai dari bangun tidur, sampai mau berangkat tidur lagi. Contoh bedak bayi dan body lotion juga sudah terkandung aroma parfum di dalamnya. Sedangkan biasanya untuk original parfum digunakan pada tahap akhir setelah berdandan dan siap pergi.

Parfum sendiri mampu menimbulkan ciri khas bau baik keindahan, kelembutan , maupun kemewahan. Penilaian terhadap aroma parfum tertentu sebenarnya sangat tergantung dari selera masing-masing pribadi yang ingin mengekspresikan diri melalui keindahan guna menambah rasa percaya diri. Aroma parfum yang digunakan seseorang, belum tentu tepat bagi orang lain. Intinya aroma parfum hanya bersifat subjektif saja.

Parfum sekarang sudah merupakan salah satu lifestyle. Efeknya bisa meningkatan rasa percaya diri. apalagi khususnya untuk wanita menimbulkan rasa sexy dan menggoda.

Percaya atau tidak parfum bisa meninggalkan ingatan yang mendalam dengan ciri khas wanginya , beda seperti senyuman seseorang yang bisa hilang dalam sekejap.

Artinya bila seseorang mencium aroma parfum tertentu yang pernah dipakai oleh seseorang yang membuatnya terkesan, maka ketika orang lain menggunakan aroma tersebut, maka aroma tersebut akan mengingatkan dia pada seseorang yang pernah membuatnya terkesan.

Jadi parfum bisa menjadi sensor penghubung terkuat menuju ke daya ingatan manusia.  Secara umum aroma parfum yang biasa tersedia dipasaran dikategorikan sebagai berikut:

1. Buah-Buahan

Aroma buah-buahan biasa menimbulkan kesan segar dan lezat. Aromanya biasanya diambil dari ekstrak buah sitrus, pir, leci, atau beri-berian.

2. Bunga

Aroma bunga menimbulkan kesan ringan, lembut, kewanitaan, dan romatis. Aroma wanginya di ambil dari ekstrak wangi bunga seperti mawar, melati, atau kamboja.

3. Pohon

Wangi dari pohon pinus dan cemara sering diadopsi menjadi aroma parfum yang menimbulkan kesan energik dan semangat hidup.

4. Tanaman Kayu

Apabila anda laki-laki, pilihan aroma maskulin bisa anda dapatkan dari aroma parfum jenis ini yang menimbulkan bau tanaman yang khas. Biasanya aroma jenis ini diambil dari ekstrak kayu-kayuan, lumut, dan kulit kayu yang berasal dari dalam hutan.

5. Laut

Ketika anda memakai parfum aroma laut, imajinasi anda akan melayang pada baunya pasir yang terhampar di pinggiran pantai bercampur dengan udara laut yang segar dan kering. membuat anda semakin bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

6. Khas Daerah Unik

Aroma parfum, kadang mengingatkan kita pada bau keaslian khas suatu daerah yang murni dan bersih. Sebagai contoh aroma yang diambil dari rempah-rempah atau bunga khas daerah tertentu, sehingga menambah kesan eksotis aroma parfum tersebut ketika digunakan.

TIPS MENGGUNAKAN PARFUM

Setelah kamu memilih parfum dengan aroma yang kamu suka, silakan coba sensasi wanginya di tubuh kamu. Tapi sebelum menggunakannya ada beberapa note agar pemakaian parfum bisa lebih sempurna.

Sebelum masuk ke tips menggunakan parfum, ada beberapa catatan yang harus kalian ingat. Umumnya aroma parfum selalu berbeda setiap waktu , coba anda rasakan aroma parfum 1 jam pertama, dengan jam berikutnya. Pastinya aromanya akan berbeda, hal itu dikarenakan penyebaran aroma parfum bertahap.

Pada saat pertama kali disemprotkan, sekitar 30 menit pertama, bau aroma parfum akan sangat intens dan menyengat, karena saat inilah semua kekuatan seluruh elemen parfum keluar. Setelah aroma parfum berlalu setelah 30 menit pertama,  inilah saat yang tepat anda merasakan aroma sesungguhnya dari sebuah parfum.

Dan tahap terakhir, setelah dua jam berlalu dari saat penyemprotan, aroma parfum akan bercampur dengan aroma kulit, bahan kimia yang dikeluarkan oleh tubuh, misalnya bau keringat, dll.

Berikut adalah tips menggunakan parfum:

1. Gunakan Parfum Pada Bagian Tertentu Saja

Sebaiknya anda menggunakan parfum pada area tubuh bagian tertentu saja. Seperti di bagian belakang telinga yang merupakan spot hangat tubuh dan terbukti dapat menyerap aroma keharuman parfum lebih baik dibanding bagian tubuh lainnya.

Pemakaian parfum di bagian tengkuk juga ok, karena bisa membuat orang yang berada di belakang anda mencium bau wangi aroma parfum yang anda gunakan.

Parfum juga digunakan untuk bagian kepala dan rambut, tapi penggunaannya tidak sama dengan seperti menggunakan hairspray. Anda bisa lihat tipsnya nanti pada point 4.

Kalau anda ingin memancarkan keharuman ketika anda menggerak-gerakkan tangan. Anda bisa memakainya pada bagian lengan serta pergelangan tangan.

Selain bagian tengkuk belakang, anda bisa memakai parfum sekitar bagian lutut, paha dan pergelangan kaki yang juga bisa memancarkan aroma parfum ke arah belakang tubuh.

Parfum bisa digunakan pada pakaian, tapi cara menyemprotnya jangan terlalu dekat karena akan menodai pakaian. Untuk lebih jelas, lihat tips point 4.

2. Tidak Menggunakan Lebih dari satu Parfum

Pastikan bahwa anda tidak memakai parfum lebih dari satu aroma pada salah satu titik tertentu. Karena hal ini akan menyebabkan penciuman anda akan bingung dengan aroma parfum yang tercampur-campur. Untuk memastikan aroma parfum, sebaiknya cium setelah didiamkan beberapa menit, agar bisa merasakan aroma aslinya.

3. Jangan Menggosok Parfum Yang Sudah Disemprot

Kalau anda tidak mau merusak aroma parfum dan membuat wanginya tidak tahan lama, jangan sekali-kali menggosokkan parfum yang telah anda semprotkan pada titik bagian tubuh manapun.

4. Semprotkan Parfum Ke Udara

Ketika anda ingin memberi parfum dibagian kepala, rambut dan pakaian, Jangan semprotkan langsung, apalagi terlalu dekat. Anda bisa semprotkan parfum itu ke udara, setelah itu berjalanlah melewati partikel-partikel parfum yang sudah disemprotkan ke udara. Hal ini agar parfum bisa menyerap dengan cepat ke seluruh bagian tubuh Anda.

5. Lapisi Parfum dengan Shower Gel dan Body Lotion

Tidak ada salahnya anda menggunakan shower gel untuk rambut atau body lotion pada tubuh anda dengan aroma yang senada dengan aroma parfum, agar wangi dari aroma parfum tersebut dapat bertahan lama.

6. Gunakan Jenis Eau De Parfum

Salah satu jenis parfum terbaik adalah eau de parfume. Parfum jenis ini memiliki aroma yang lebih tahan lama, karena campuran kadar alkoholnya sedikit sekitar 3-6%, sehingga baunya bisa bertahan lama sekitar 12-18 jam. Kalau anda menyukainya, silakan gunakan pada titik-titik bagian tubuh tertentu seperti yang dijelaskan pada point no 1.