Ini Hampir Bulan Mode! Inilah Yang Harus Diketahui

Sering dikatakan bahwa ketika Presiden Trump akhirnya keluar kantor, wartawan akan berada dalam keadaan kebingungan, sehingga kita terbiasa dengan kicauan dan pengumuman yang terus-menerus yang membuat kita bergegas untuk melapor atau memeriksa fakta atau menyobek jumbai rambut di beberapa tempat. kali dalam satu jam.

Dihadapkan dengan aliran berita normal, kita semua akan menjadi seperti Neo dalam “Matriks,” memutar kepalanya dengan sangat lambat untuk menghindari peluru terbang, berpikir, “Wow, apa yang memakan waktu begitu lama?”

Tau apa yang saya maksud? Ya, itulah yang akan terjadi dalam mode musim ini.

Kami telah terbiasa dengan siklus pergantian direktur kreatif yang semakin cepat di berbagai merek di empat ibu kota mode besar – New York, London, Milan, dan Paris – begitu terbiasa dengan “Dia ada di! dan Dia keluar! ”dan“ Mereka mengubah kota! ”bahwa kembali ke status quo sepertinya kembali ke semacam stasis. Dan pertunjukan perempuan musim gugur (dan beberapa lelaki), yang dimulai pada hari Jumat dan bergulir dari satu negara ke negara lain hingga awal Maret, akan menjadi musim yang relatif tenang, yang ditandai (terutama di New York) lebih oleh apa yang tidak ada daripada apa yang ada.

Tapi hanya karena tidak ada yang ekstrem yang terjadi musim ini, tidak berarti tidak ada yang terjadi sama sekali: Jangan salah mengartikan sebagai tidak penting. Memang, ini mungkin praktik yang baik dalam berpikir lambat untuk kita semua.

Pembebasan Desainer

Pengumuman yang banyak ditelusuri musim lalu oleh Tom Ford, ketua Dewan Perancang Mode Amerika, bahwa dia memperketat jadwal pertunjukan tampaknya memiliki pengaruh besar pada merek. Sejumlah orang telah meninggalkan kalender sepenuhnya, baik karena mereka sedang berganti musim, bertukar kota atau memutuskan mereka hanya akan melewatkan yang satu ini.

Kerby Jean-Raymond dari Pyer Moss memulai tren tahun lalu, ketika ia meninggalkan pertunjukan Februari demi mengonsolidasikan anggaran dan ide-ide dan melakukan produksi besar pada bulan September. (Dan itu adalah produksi besar).

Pelukan Ekosistem

Ini mungkin musim yang sepi, relatif, tetapi masih ada beberapa debut yang dinanti-nanti, salah satunya memiliki implikasi yang lebih luas. Di Paris, Felipe Oliveira Baptista keluar untuk pertama kalinya sebagai sutradara kreatif Kenzo, dan di Celine, Hedi Slimane mengadakan pertunjukan ganda gender pertamanya. (Di Gucci, sementara itu, Alessandro Michele memisahkan jenis kelamin lagi).

Di Milan, Christelle Kocher dari Koché akan menjadi desainer tamu Pucci. Dia akan melakukan interpretasinya tentang rumah hanya untuk sekali pakai. Menurut Pucci, alih-alih berkomitmen pada sutradara kreatif tunggal, ia akan meminta nama yang berbeda untuk memasang stempel mereka di rumah setiap musim, seperti apa yang dilakukan Moncler dengan garis Genius-nya.

Dan karena kita membahas masalah Genius: Kolaborator Besar Berikutnya adalah Jonathan Anderson – a.k.a. desainer Loewe. Akan menyenangkan melihat apa yang dia lakukan dengan pakaian luar teknis. Rimowa juga ikut bergabung, untuk mengambil bagasi.

Berbicara tentang Lingkungan

Keberlanjutan. Upcycling. Itu adalah berita terbesar dari musim lalu – bahkan ada kompetisi untuk melihat siapa yang bisa mengklaim sebagai acara netral karbon pertama – dan mungkin hanya akan lebih hadir di mana-mana saat ini. Intinya, hari pembukaan bulan mode akan bertepatan dengan diskusi panel di New York yang disebut “Responsibility in Fashion: Bagaimana Kita Bisa Melakukan Lebih Baik Bersama?”

Di Milan, Camera della Moda, yang menyelenggarakan Italian Fashion Week, menghindari semua plastik, mencetak semua dokumen pada kertas daur ulang, dan bekerja dengan kota untuk mempromosikan… mengendarai sepeda! (Di antara hal-hal lain, meskipun ketika datang ke inisiatif sepeda, itu belum membahas masalah stiletto).